Rabu, 11 Januari 2012

BOYOLALI

Kabupaten Boyolali


Potensi lahan di Kabupaten Boyolali sebagian besar digunakan untuk pertanian tanaman pangan, meliputi lahan sawah, tegal dan pekarangan. Hal ini terlihat dari jumlah produksi padi yang tinggi 243,944/th ton dengan rata-rata produksi 55,29 kuintal/ha. Penghasil padi tertinggi yaitu Kec. Banyudono, Sawit dan Ngemplak. Kemudian produksi jagung 96.334 ton/th dengan produksi rata-rata 36,74 kuintal/ha. Penghasil jagung terbesar Kec. Mojosongo, Boyolali dan Musuk. Ubi kayu 202.186 ton/th, rata-rata 201,30 kuintal/ha. Untuk produksi ubi kayu.

 PARAWISATA

Waduk Cengklik
Desa Ngargorejo & Sobokerto Kec. Ngemplak
Jarak tempuh dari kota 15 Km Bentuk Usaha: Tempat Rekreasi & Olah Raga. Fasilitas dan daya tarik: Waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada jaman Belanda tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air. Letaknya strategis berdekatan dengan bandara Adi Sumarmo, Asrama Haji Donohudan, Monumen POPDA dan lapangan golf. Selain pemandangan alamnya yang indah, Waduk Cengklik menyediakan fasilitas antara lain berupa wisata air, pemancingan, rumah makan, dan lain sebagainya



WADUK BADE
Obyek wisata air ini terletak di Desa Bade Kecamatan Klego yang merupakan tempat pemancingan dengan pemandangan cukup indah.





PEMANDIAN UMBUL PENGGING
Desa Dukuh Kec. Banyudono
Jarak tempuh dari kota 12 km Bentuk Usaha: Tempat Rekreasi & Olah Raga Fasilitas dan daya tarik: Pemandian ini dahulu digunakan oleh Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X beserta kerabatnya. di Umbul Pengging ini, setiap dua hari menjelang bulan Puasa diadakan Even Padusan. Selain itu, ada sebuah ritual yang dilakukan pada hari-hari tertentu, yaituritual merendam diri di dalam air sebatas leher yang dimulai mulai pukul 24.00 - 03.00 wib. Ada tiga buah pemandian, antara lain Pemandian Umbul Manten, Pemandian Umbul Ngabean, Pemandian Umbul Dudo. Tersedia Lapangan Tenis 2 band, Arena bermain, Kios cinderamata, pemancingan, dan rumah makan lesehan, rumah makan apung, parkir yang luas






MAKAM R.Ng YOSODIPURO
Dukuh Ngalian Desa Bendan Kec. Banyudono
Makam ini terletak + 200 meter sebelah utara obyek wisata Umbul Pengging.
Jarak tempuh dari kota 12 km bentuk Usaha: Tempat Berziarah Fasilitas dan daya tarik: R.Ng. Yosodipuro adalah seorang pujangga Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pada Hari Jumat pertengahan bulan Sapar diadakan Upacara Ngalap Berkah. Upacara ini merupakan tradisi berebut makanan dengan perwujudan menerima pembangian kue apem yang terbungkus janur. Ada Masjid peninggalan Sunan Paku Buwana X


PEMANDIAN UMBUL TLATAR
Tempat Rekreasi dan Olah Raga Fasilitas dan daya tarik: Pemandian ini adalah pemandian untuk keluarga. Setiap menjelang bulan Puasa diadakan even Padusan. Upacara Padusan ini juga diselenggarakan di Umbul Pengging dan Pantaran. Acara ini bertujuan untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa. Ada 3 buah pemandian, yaitu Pemandian Umbul Pengilon, Pemandian Umbul Asem, kolam renang anak.
Pemandian alam ini terletak di Desa Kebonbimo yang pada jaman dahulu pernah mendapatkan kunjungan dari Sri Paduka Sesuhunan Paku Buwana X.
Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo Kec Boyolali


Jarak tempuh dari kota 5 km.
Nuansa pesona alam terhampar dengan latar belakang Budaya Desa dan air yang melimpah, aroma kelezatan masakan ikan air tawar yang disajikan baik secara goreng maupun bakar sambil memancing dan duduk santai sungguh merupakan rekreasi menyegarkan di Obyek Wisata Tlatar.
FASILITAS /FACILITIES :
Rumah Makan Lesehan. /Traditional Restaurant.
Pemancingan / Fishing Area.
Kios Cenderamata / Souvenir Shop.
Kolam Renang / Swimming Pool.
Taman Wisata Air / Water Park.
Panggung hiburan setiap menjelang bulan Puasa



AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Desa Klakah Kec.Selo

Obyek wisata yang perlu dikembangkan. Terletak di Desa Klakah berjarak 5 km ke arah Barat dari Kecamatan Selo. Merupakan panorama pemandangan alam yang berupa air terjun yang terletak diantara 2 kabupaten, yaitu Boyolali dan Magelang.Potensial untuk aktifitas camping, hiking, climbing.
FASILITAS :
Homestay.
Pemandangan Alam


 

PESANGGRAHAN PRACIMOHARJO
Desa Paras Kec.Cepogo

Merupakan petilasan Sri Susuhunan Paku Buwono X sebagai obyek wisata minat khusus/ ziarah, Terletak di Desa Paras Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.







MAKAM KI AGENG SINGOPRONO
Desa Nglembu Kec.Sambi

Jarak tempuh dari kota 12 km.
Obyek Wisata Khasanah yang di kunjungi setiap malam Jumat dan malam Selasa Kliwon, Lokasi Makam Ki Ageng Singoprono yang menarik dengan letaknya yang sangat indah sebab berada diatas gunung yang berhawa sejuk

MAKAM KI AGENG PANTARAN
Dk.Pantaran Desa Candisari Kec.Ampel
Dimakam ini selain dimakamkan SyechMaulana Ibrahim Maghribi juga dimakamkan para pengikutnya yaitu antara lain Ki Ageng Pantaran, Dewi Nawangsih (putra Ki Ageng Pantaran ), dan Ki Ageng Mataram Demam Jati.
Jarak tempuh dari kota 12 km Bentuk Usaha: Tempat Berziarah Fasilitas dan daya tarik: Makam ini cukup potensial sebagai tempat ziarah, karena terdapat Petilasan Ki Kebo Kanigoro, petilasan Syeh Maulana Malik Ibrahim Maghribi, Petilasan Ki Ageng Pantaran. Setiap hari Jumat ke 3 setelah tanggal 20 Suro diselenggarakan upacara tradisional Buka Luwur. Kawasan ini cukup potensial bagi pecinta alam karena pemandangan sekitar sangat indah dengan air terjunnya yang dinamakan Air Terjun Si Pendok


WANA WISATA KEDUNG OMBO


Desa Wonoharjo Kec.Kemusu

Obyek wisata ini terletak di Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu sekitar ± 50 km ke arah utara Kota Boyolali menjanjikan rekreasi hutan dan air yang menyegarkan serta pemancingan.
FASILITAS / FACILITIES :
Bumi Perkemahan / Camping Ground.
Hutan Wisata / Forest Resort.
Tempat Pemancingan / Fishing Area.
Rumah Makan Apung / Floating Restourant.
Wisata Air / Water Resort.
Mazta Organizer, Membantu dan Melayani Sepenuh Hati


KAWASAN ARGA MERAPI-MERBABU
Desa Tarubatang, Lencoh, Samiran Kec.Selo
Obyek wisata yang terletak di sekitar Gunung Merapi dan Merbabu atau tepatnya di Kecamatan Selo ini merupakan obyek wisata pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona dengan panorama alam yang masih asli dan alami.
Jarak tempuh dari kota 20 km Bentuk Usaha: Pendakian gunung, Gedung diklat. Fasilitas dan daya tarik: Joglo I dan II, Lapangan tenis, Gedung Diklat, Homestay, Toko Soevenir/cinderamata dan Makanan Khas Selo, Joglo terbuka, Home Theatre. Lonjakan wisata pendakian pada menjenang tgl 1 Suro, Tahun Baru, 17 Agustus (Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Merapi)


MAKAM SRI MAKURUNG HANDAYANINGRAT
Makam ini berada di Dukuh Malangan yang biasa dikunjungi peziarah terutama pada bulan syura dan ruwah atau pada acara nyadran yang secara trasional dilakukan setiap 20 bulan Ruwah.


SELO ......Outbound (flying fox, team work, dan fun game) 

Paket Live In 
Merasakan suasana alam pedesaan yang masih alami khas daerah pegunungan dengan menginap dirumah penduduk setempat dan mengikuti aktivitas keseharian masyarakat Desa Samiran. Merasakan suasana alam pedesaan yang masih alami khas daerah pegunungan dengan menginap dirumah penduduk setempat dan mengikuti aktivitas keseharian masyarakat Desa Samiran.
Paket Wisata Tematik Tracking, Soft tracking, Petik sayur organik (wortel, brokoli, kol, tomat dan sayur mayur lainnya),

Menanam sayur, memetik buah stawberry, peternakan kelinci, green house tomat dan strawberry, pembuatan makanan khas (jadah), pembuatan kerajinan topeng dan kostum tari tradisional, belajar kesenian tradisional (Tari Turonggo Seto, Topeng Ireng dan gamelan), memerah susu sapi dan kambing etawa.









TRADISIONAL ART & CULTURE
Event Saparan Pengging (Sebaran Apem Kukus Keong Emas - Pengging, Boyolali
 
Tari Topeng Ireng - Selo, Boyolali
 
 Tari Prajuritan - Selo, Boyolali
Banyak even budaya dan seni digelar di Boyolali guna meningkatkan daya tarik pada obyek wisata. Sebagai contoh di Joglo I Lencoh Selo digelar pentas tari rakyat 2 kali pertunjukan setiap bulan.
Disamping itu para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas melihat film di New Selo Theatre dengan tarif yang murah dan jika berminat wisatawan dapat melakukan aktivitas outbond dan pendakian Gunung Merapi-Merbabu yang tentunya jika anda berminat pula dapat ditemani oleh portir dan guide yang dapat anda hubungi di Tourist Information Centre Joglo I Lencoh Selo.
SELAYANG PANDANG Susu segar dan Abon Sapi adalah salah satu minuman dan makanan khas yang ditawarkan selain masih banyak lagi makanan khas yang mudah didapat dan murah harganya
 Memerah Sapi
Dinginnya udara pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Selo sembari menikmati kehangatan sapa penduduknya dan nikmatnya jadah bakar yang baru diangkat dari perapian.
MAKANAN KHAS Abon Sapi, Dendeng Sapi, Maning (Gurih, Pedes, Asin), Sambel Lethok/Tumpang, Susu Sapi Murni, Intip, Kripik Cakar Ayam  
 
Jadah Bakar, Tempe/Tahu Bacem

CANDI PLAWANGAN
Obyek wisata ini juga disebut Pesanggrahan Pracimoharjo yang terletak di Desa Paras Kecamatan Cepogo.
CANDI SARI,
di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo

GUA RAJA,
di Desa Samiran, Kecamatan Selo
GUA LELA dan PANEPEN,
di Desa Ngagrong Kecamatan Ampel
PATILASAN KI AGENG KEBOKANIGORO,
Kecamatan Selo

1 komentar:

  1. Saya kelahiran Boyolali, ingin ke lokasi wisata di sana...tapi kapan ya ?? jauh tempatnya...

    BalasHapus