Senin, 09 Januari 2012

WONOGIRI

Wisata Wonogiri

Air Terjun Kahyangan Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di dusun Dlepih, Desa Taman, Kecamatan Tirtomoyo, ada pula puncak Kahyangan yang konon merupakan tempat di mana Sutowijoyo menemuai Kanjeng Ratu Kidul.
Cagar Alam Danalaya Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Kecamatan Slogohimo, berupa hutan jati, yang kayunya khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta.
Gantole Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di sebuah bukit di Desa Sendang yang menjadi tempat peluncuran gantole dan paralayang, dengan ketinggian 200 m dan 400 m; tempat pendaratan bisa jelas terlihat.
Girimanik Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Setren, Kec Slogohimo, 40 km dari Kota Wonogiri, dengan air terjun Manik Moyo (70m), Tinjo Moyo (30m), dan Condromoyo. Ada petilasan Raden Mas Said bernama Batu Resi.
Goa Maria Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Dusun Ngampohan, Kecamatan Giriwoyo, 50 Km dari Kota Wonogiri; terdapat sebuah sendang yang dipercaya mempunyai bermacam khasiat.
Gua Ngantap Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, dengan ornamen stalagtit dan stalagmit di dalam gua.
Gua Putri Kencana Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, 40 Km dari Kota Wonogiri, dengan hiasan stalagtit dan stalagmit pada dinding gua.
Museum Karst Dunia Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Gebangharjo, Kec Pracimantoro, 38 km dari Kota Wonogiri, dikelilingi oleh Gua Gilap, Gua Mrica, Gua Potro Bunder, Gua Sodong, Gua Sonya Ruri, Gua Tembus, dan Luweng Sapen.
Museum Wayang Indonesia Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Padepokan Bei Tani, di Kecamatan Wuryantoro, 15 km dari Kota Wonogiri, dengan koleksi berbagai jenis wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng, dll.
Pantai Nampu Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan pasir putih dan ombak yang cukup besar.
Pantai Sembukan Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan batu karang terjal, dan perbukitan kars. Konon merupakan pintu gerbang ke-13 kerajaan Ratu Kidul.
Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Sendang, Kec. Wonogiri, ditepi Waduk Gajah Mungkur, 7 km dari Kota Wonogiri, dengan taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci, wisata air dll.
Sendang Siwani Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, 6 km dari Kota Wonogiri, merupakan petilasan KGPAA Mangkunegoro I dalam perang gerilya melawan Belanda.
Situs Kahyangan Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di dusun Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, 47 km dari Kota Wonogiri, terdapat gua di atas kedung, konon tempat bersemedinya Danang Sutowijoyo, atau Panembahan Senopati.
Watu Plinteng Semar Wonogiri
wisata wonogiriWisata Wonogiri di kawasan Taman Selopadi, Desa Giripurwo, Kec Wonogiri, 200m dari pusat Kota Wonogiri, dengan berat batu 25 ton, bersandar pada Pohon Asem Jawa yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar